Pages

Miftakhul Furqon. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

KARANGAN / TULISAN

- PENGERTIAN KARANGAN.

    
     Sebelum masuk kedalam materi tentang karangan. Kita harus memahami apa itu makna kata dari mengarang itu sendiri. Sebelum memasuki kata karangan yang kita harus ketahui dan kita lakukan yaitu mengarang sebuah artikel atau paragraf. Jika kita sudah mengarah itulah yang menghasilkan suatu karangan yang akan saya bahas. Mengarang itu bisa disebut juga sebagai menyusun. Misalnya kita ambil dari sebuah KARANGAN BUNGA. nah disitu kita akan mengarang semua tentang bunga,Sebenarnya awalnya kata merangkai itu tidak berkaitan dengan kata menulis. Cakupan kata-kata merangkai mula-mula terbatas pada pekerjaan yang berhubungan dengan benda konkret seperti yang tadi sudah dicontohkan yaitu merangkai bunga tau juga bisa merangkai yang lainnya sesuai dengan keinginan kita. 
    
    Sebenarnya mengarang itu tidak hanya dan tidak harus dalam bentuk tertulis, bisa dengan hanya berkomunikasi. Kegiatan mengarang juga menggunakan bahasa mediumnya dapat berlangsung secara lisan. Sebagai contoh kita ambil dari orang yang sedang berpidato atau melakukan diskusi. Dari situlah seseorang melakukan karangan. Pertama yang dilakukannya adalah berfikir dengan matang sebelum dia ucapkan secara lisan. Didalam otaknya pun terlebih dahulu mengarang sebelum mulutnya berbicara. Macam karangan ada banyak. Kita ambil contoh dari karangan lisan. Karangan lisan itu didapat dari apa yang orang katakan. Sedangkan Karangan tertulis itu didapat dari pembicaraan yang tidak dilanjutkan melainkan ditulis untuk melanjutkan suatu diskusi. Pada saat berbicara, Sang pembicara itulah yang sebenarnya "bekerja keras" mengorganisasikan isi dari pembicaraan agar teratur, terfokus, sambil memikirkan susunan kata. 

- PENGGOLONGAN KARANGAN.
 
=> Menurut bobot dan isinya.
     1. Karangan Ilmiah
         merupakan suatu karangan atau tulisan yang diperoleh sesuai dengan sifat keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu tersusun menurut metode sistematika penulisan.
     
      2. Karangan Semi Ilmiah.
          merupakan suatu karangan yang menyajikan fakta dan fiksi dalam satu tulisan.
      
      3. Karangan Non Ilmiah.
          merupakan suatu ciri yang pasti ada dalam tulisan fiksi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar