Pages

Miftakhul Furqon. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

MAKALAH TENTANG INTERNET

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar belakang Internet adalah jaringan yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia. Melalui internet, kita dapat mencari semua informasi yang kita butuhkan. Sekarang ini, internet merupakan hal yang efisien daripada sumber lain, yaitu buku, koran, majalah dan sebagainya. Saat ini, sudah banyak warnet-warnet bertebaran di pinggir-pinggir jalan dengan harga yang cukup murah dan kecepatan akses yang tinggi. Bahkan, dengan handphone kita juga bisa menggunakan internet. Ini menandakan bahwa internet bukanlah barang baru dan bisa kita menggunakannya dengan mudah. Internet sangat berguna bagi kehidupan manusia, terutama pelajar. Dari SD sampai kuliah juga menggunakan internet untuk mencari informasi. Dampak positif dan negatif internet bagi pelajar akan berpengaruh pada prestasi pelajar itu sendiri. Maka dari itu, saya sebagai siswa tertarik untuk mencari pengaruh-pengaruh tersebut. BAB II PEMBAHASAN 1.0.EVOLUSI INTERNET Internet bermula sebagai satu jaringan, disebut ARPANET. Jaringan ini pada tahun 1969 merupakan hasil eksperimen dari pemerintah US dalam packet-switched networking. Pada awal tahun 1980, ARPANET terbagi dalam 2 jaringan, yaitu ARPANET dan Milnet (jaringan militer yang tidak terklasifikasi). Pada awal tahunnya, akses ke ARPANET dibatasi untuk militer, kontraktor pertahanan (defense contractors), dan universitas yang melakukan penelitian. Cooperative, decentralized network seperti UUCP, jaringan komunikasi UNIX, dan USENET (User's Network) disahkan pada tahun 1970, pada awalnya melayani komunikasi akademik dan kemudian berkembang pada pelayanan organisasi û organisasi yang komersial. Pada awal tahun 1980, jaringan û jaringan seperti Computer Science Network (CSNET) dan BITNET, mulai menyediakan jaringan yang tersebar secara nasional untuk bagian akademik dan komunitas - komunitas penelitian. Jaringan ini bukanlah bagian dari internet, melainkan special connections yang dibuat untuk memungkinkan pergantian informasi di antara dua jaringan tersebut. 1.1.DEFINISI INTERNET Definisi internet adalah rangkaian atau jaringan sejumlah komputer yang saling berhubungan. Internet berasal dari kata interconnected-networking. Internet merupakan jaringan global yang menghubungkan suatu jaringan (network) dengan jaringan lainnya di seluruh dunia. Media yang menghubungkan bisa berupa kabel, kanal satelit maupun frekuensi radio. Jaringan internet bekerja bekerja berdasarkan suatu protokol (aturan). TCP/IP yaitu Transmission Control Protocol Internet Protocol adalah protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan-jaringan di dalam internet sehingga data dapat dikirim dari satu komputer ke komputer lainnya. Setiap komputer diberikan suatu nomor unik yang disebut dengan alamat IP. Sejarah internet dimulai dari ARPANet, yaitu sebuah proyek Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Pada tahun 1969 dilakukan sebuah riset yaitu bagaimana cara menghubungkan suatu komputer dengan komputer lainnya atau membentuk suatu jaringan. Di tahun 1970 mereka berhasil menghubungkan lebih dari 10 komputer yang membentuk jaringan. Kemudian tahun 1973 jaringan ARPANet mulai dikembangkan di luar Amerika Serikat. Sejarah internet berlanjut ketika komputer di University College di London ikut bergabung dengan jaringan ARPANet. Di tahun-tahun selanjutnya jaringan ini semakin berkembang. Pada tahun 1982, karena banyaknya komputer yang bergabung maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang menghubungkan semua komputer dan jaringan dan dibentuklah TCP/IP. Di tahun 1984 kemudian diperkenalkan sistem penamaan domain yang dikenal dengan DNS (Domain Name System). Internet kemudian tumbuh secara pesat di tahun 1990-an. 1.2.PENGGUNA INTERNET Pengguna terhubung ke Internet melalui layanan Internet Service Provider (ISP), baik dengan menggunakan modem, DSL, cable modem, wireless, maupun dengan menggunakan leased line. ISP ini kemudian terhubung ke Internet melalui network provider (atau upstream). Di sisi Web Server, terjadi hal yang serupa. Server Internet terhubung ke Internet melalui ISP atau network provider lainnya. Gambar tersebut juga menunjukkan beberapa potensi lubang keamanan (security hole). Di sisi pengguna, komputer milik pengguna dapat disusupi virus dan trojan horse sehingga data-data yang berada di komputer pengguna (seperti nomor PIN, nomor kartu kredit, dan kunci rahasia lainnya) dapat disadap, diubah, dihapus, dan dipalsukan. Jalur antara pengguna dan ISP dapat juga di sadap. Sebagai contoh, seorang pengguna yang menggunakan komputer di lingkungan umum (public facilities) seperti di Warung Internet (warnet) dapat disadap informasinya oleh sesame pengguna warnet tersebut (atau pemilik warnet yang tidak bertanggung jawab) ketika dia mengetikkan data-data rahasia melalui web. Di sisi ISP, informasi dapat juga disadap dan dipalsukan. Sebagai contoh bila sistem keamanan dari sang ISP ternyata rentan, dan dia kebobolan, maka mungkin saja seorang cracker memasang program penyadap (sniffer) yang menyadap atau mengambil informasi tentang pelanggan ISP tersebut. Di sisi penyedia jasa, dalam hal Web Server yang menyediakan layanan Internet.ada juga potensi lubang keamanan. Berbagai kasus tentang keamanan dan institusi finansial sudah dilaporkan. Misalnya, ada kasus di Amerika serikat dimana seorang cracker berhasil masuk ke sebuah institusi finansial dan mengambil data-data nasabah dari berbagai bank yang berada dalam naungan institusi finansial tersebut. Di Indonesia sendiri ada “kasus” domain “plesetan” klikbca.com yang sempat membuat heboh. 1.3.KOMPONEN-KOMPONEN INTERNET Komponen-komponen layanan yang tesedia oleh internet sejak awal hingga kini terus berkembang, semakin banyak dan sangat beragam baik sifat maupun manfaatnya. Komponen yang dimaksud bisa berarti layanan internet, piranti (tool), utiliti atau sistem tertentu di internet. Sejalan dengan berkembangnya internet, komponen-komponen tersebut berubah-ubah jumlahnya setiap saat. Untuk mengakses layanan-layanan di internet, diperlukan komponen-komponen program client yang spesifik yang terinstal pada komputer pengguna internet. Komponen-komponen layanan tersebut adalah : a. Web Browser Web Browser merupakan salah satu jenis program client yang dapat mengakses beberapa layanan internet. Untuk mengakses layanan tertentu pada jaringan internet, web browser menggunakan konsep URL (Uniform Resources Locator) untuk menuliskan alamat yang akan diakses. Web browser saat ini yang banyak digunakan seperti Internet Explorer, Netscape, MoZilla Firefox, Opera, dan sebagainya. b. WWW (World-Wide Web) Layanan WWW (3W) atau biasa juga disebut Web merupakan jenis layanan yang paling popular dikalangan pengguna internet. WWW tidak hanya berfungsi sebagai media untuk mencari informasi, tetapi Web sudah banyak digunakan secara komersial oleh hampir semua perusahaan-perusahaan di seluruh dunia untuk mengiklankan usaha mereka. Setiap dokumen yang ditulis menggunakan suatu format standar yang disebut HTML (HyperText Markup Language). Dokumen yang ditransfer antar Web Server menggunakan suatu protokol yang disebut HTTP (HyperText Transfer Protocol). Web saat ini telah semakin dinamis, interaktif dan cerdas dengan bahasa pemrograman yang dikembangkan untuk menutupi kekurangan yang terdapat pada HTML sebagai bahasa standar untuk Web. Kalau dulu suatu Web hanya dapat menyajikan informasi, saat ini suatu Web telah dapat berinteraksi dengan pengguna melalui pengisian form, validasi input atau transaksi online. Untuk mengkases Web, dapat digunakan Web Browser seperti Netscape Navigator, Internet Explorer, Neoplanet, Mosaic dan lain sebagainya. c. FTP (File Transfer Protocol) FTP adalah suatu aplikasi program yang merealisasikan konsep client-server antar host di internet atau semua host yang memakai protokol TCP (Transmition Control Protocol) sebagai transport-protokolnya. FTP menyajikan hubungan yang interaktif antara client dan server. Kelebihan lainnya dalam hal sekuritas karena tidak semua client dapat mengakses FTP server sebab client harus punya otorisasi (username dan password) terlebih dulu untuk dapat mengakses semua file yang ada di FTP server. Client yang tidak punya otorisasi hanya dapat mengakses suatu FTP server jika FTP server tersebut menyediakan suatu account yang dapat digunakan oleh publik (semua client) yang disebut anonymous FTP. Pada anonymous FTP, alamat e-mail kita akan digunakan sebagai password. Saat ini banyak program yang berfungsi sebagai FTP client, seperti WS_FTP, Cute FTP, Windows Commander, dan lainnya. Dengan FTP komputer-komputer dapat saling men-download file melalui jaringan internet. Pengiriman file dapat dilakukan dalam mode ASCII untuk file berbentuk text, atau mode binary untuk file yang berbentuk byte-stream, misalnya file gambar ( berekstention .jpg, .gif) dan sebagainya. d. Telnet Telnet adalah suatu aplikasi program komunikasi interaktif dua arah berbasiskan protokol TCP/IP yang digunakan untuk emulasi terminal ke remote komputer dari lokal komputer atau Terminal Server dan dapat menikmati fungsi yang sama dengan terminal yang dihubungkan langsung ke komputer tersebut. Sebelum log on pemakai biasanya harus memberikan identitas (username dan password) terlebih dahulu. Jika identitas yang diberikan benar, pemakai akan masuk ke remote komputer tersebut dan dapat melakukan aktifitas yang tersedia dan yang diperbolehkan oleh sistem administrator mesin komputer tersebut. Perintah penulisan Telnet adalah telnet hostname atau telnet hostaddress. Hostname adalah nama DNS dari mesin komputer yang dituju sementara hostaddress adalah alamat internetnya (IP address). Jadi layanan telnet memungkinkan kita untuk melakukan remote login ke suatu komputer. Layanan telnet umumnya dimiliki oleh sistem operasi UNIX dan Linux, sedangkan untuk mengoperasikan dengan windows 9x, maka kita cukup menjalankan : Start >Run>Telnet, kemudian memasukkan nama host atau IP address host yang dituju. Telnet yang disediakan sistem operasi windows 9x contohnya QVT/Term, Putty, PenguNet, dan sebagainya. e. E-Mail E-mail merupakan komponen utama yang paling banyak digunakan dalam komunikasi informasi saat ini, bukan saja di internet tapi juga outernet (jaringan lain di luar internet). Format penulisan alamat e-mail adalah username@hostname. Username adalah nama yang tertera di mesin komputer penyedia internet setempat (ISP) dimana nama orang tersebut terdaftar. Hostname adalah nama lengkap (berikut domainnya sesuai aturan DNS) mesin komputer ISP yang terhubung ke internet. Protokol yang digunakan untuk mengirim e-mail adalah SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), sedangkan untuk men-download-nya menggunakan protocol POP (Post Office Protocol) atau IMAP (Internet Message Access Protocol). Jenis layanan e-mail yang popular berbentuk Web based Email, yaitu layanan e-mail yang dapat diakses menggunakan Web Browser. F. Shell Shell adalah suatu jenis layanan yang menggunakan perintah-perintah dalam Sistem Operasi Unix. Perintah-perintah seperti finger, who, what, talk, ping, mail dan telnet seringkali digunakan dan dapat dianggap sebagai layanan dalam internet. Shell berhubungan dengan emulasi misalnya emulasi ke ISP. Pada saat kita emulasi ke ISP, pasti akan log on ke mesin- mesin komputer yang berbasiskan Unix. Setelah log on, kita akan mendapatkan prompt ” # “. Pada saat itu kita sebenarnya sudah berada dalam layanan Shell dan siap memberikan perintah- perintah Unix sebanyak yang kita ketahui. Layanan Shell ini hanya bermanfaat bagi pemakai yang sudah mengenal baik Unix. Bagi mereka yang tidak mengenal Unix akan mendapatkan kesulitan saat memakai layanan ini. 1.4.AKTIVITAS INTERNET A. Browsing Browsing adalah Berselancar untuk menjelajahi informasi yang ada di internet. Berselancar ini bisa dilakukan dengan sebuah program yang disebut browser, software untuk berselancar. B. Chatting Chatting adalah Disebut juga komunikasi di internet suatu bentuk komunikasi di Internet yang diciptakan untuk komunikasi interpersonal terutama komunikasi kelompok di tempat diskusi yang dinamakan channel (saluran), tetapi juga bisa untuk komunikasi jalur pribadi . C. E-mail E-mail adalah disebut juga surat elektronik sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet) . D. Download Download Disebut juga mengunduh istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses transfer berkas pemindahan data elektronik antara dua komputer atau sistem serupa lainnya . E. Upload upload adalah proses mengirim data dari komputer pribadi ke suatu sistem seperti server web, 1.5.HUBUNGAN INTERNET DENGAN MANUSIA Pergeseran Pola Hidup Manusia dengan adanya komputer Don Tappscott (1996) dalam buku yang sangat laris dengan judul Digital economy: Promise and Peril in the Age of Networked Intelligence menggambarkan bagaimana dampak teknologi internet pada kehidupan manusia. Kehadiran teknologi internet yang semakin canggih telah merubah gaya hidup manusia dan tuntutan pada kompetensi manusia. Kini kehidupan manusia semakin tergantung pada komputer. Hal-hal berikut menggambarkan besarnya keterlibatan teknologi informasi dalam kehidupan manusia. 1. Produk yang digerakkan sistim komputer. Di masa depan produk-produk kebutuhan hidup manusia sehari-hari akan menjadi produk yang cerdas (smart product). Produk yang cerdas adalah produk yang telah memiliki komponen inteligensi manusia. Produk yang demikian bisa membantu manusia untuk melakukan hal terbaik bagi kehidupannya. Berikut ini berbagai contoh produk yang cerdas.  Mobil yang cerdas (smart car). Mobil masa depan tidak bisa dihidupkan bila supirnya mabuk. Bau alkohol yang keluar dari mulut supir akan menutup sistim kerja mesin mobil. Kalau mobil rusak, sistim komputer akan memberi tahu bagian mana saja yang rusak. Layar monitor dalam mobil memberi tahu daerah yang macet lalu lintasnya.  Kartu yang cerdas (smart card). Berbagai kartu yang ada (ATM, SIM, KTP, Asuransi, Kesehatan, dll) akan dihimpun dalam satu kartu saja. Selain itu kartu bisa digunakan untuk berbagai fungsi lain, misalnya untuk kunci mobil, kunci rumah, dll.  Rumah yang cerdas ( smart house). Rumah bisa diperintah untuk melaksanakan sendiri tugas-tugas seperti, menentukan suhu ruangan, menghidupkan mesin air di bak mandi di saaat pemilik rumah dalam perjalanan menuju rumah, memberi makanan buat kucing/anjing, menghidupkan dan mematikan kompor, menutup pintu dan garasi, mengecek persedian makan di kulkas, dll.  Jalan yang cerdas (smart road). Jalan bisa memberi tahu pengendara mobil kalau ada kecelakaan di depan. Selain itu ia bisa mengingatkan bahaya kecelakaan jika jarak antar mobil yang di depan dan di belakang terlalu dekat. 2. Perancangan produk dikelola oleh komputer. Sistim komputer yang sudah menjadi net-worked intelligence akan memudahkan kehidupan konsumen. Melalui internet pembeli dapat menghubungi berbagai perusahaan yang menawarkan produk. Di masa depan produk yang akan dibeli dirancang sendiri oleh konsumen. Pembeli rumah bisa merancang sendiri bentuk rumahnya, jumlah kamar, susunan kamar, serta asesoris yang diperlukannya. Pembeli sepeda dapat merancang sendiri bentuk sepeda yang diinginkannya berdasarkan pilihan komponen yang tersedia dalam komputer. Akan ada butik roti (bakery boutique) yang memungkinkan konsumen untuk membuat sendiri komposisi gizi di dalam rotinya. Komputer yang dimiliki perusahaan pembuat produk telah memasukkan komponen produk seperti komponen kecil dalam permainan lego. Berdasarkan pilihan komponen yang tersedia rancangan produk dapat dibentuk sendiri oleh pembelinya. 3. Proses kerja yang digerakkan oleh komputer Tersedianya fasilitas intranet dan internet memungkinkan orang bekerja dari mana saja. Orang bisa berhubungan dengan kantornya dari rumah, dari pesawat, dan dari kamar hotel. Pekerjaan dapat dilakukan dari jarak jauh. Kantor menjadi maya (virtual). Bank tidak perlu lagi mempunyai karyawan terlalu banyak karena transaksi dilayani secara elektronik. Kini semakin banyak bank maya (virtual bank). Kondisi yang demikian ini menyebabkan jumlah ruangan kerja yang dibutuhkan semakin menciut dan penghematan biaya kantorpun dapat dilakukan. Kini orang dapat berbelanja dari rumah melalui internet. Barang dapat dikirim langsung ke pembeli oleh produsen. Kini posisi para agen, distributor, wholesaler makin terancam. Penengah (mediator) antara produsen dan konsumen makin tidak diperlukan, karena konsumen dapat langsung berhubungan dengan produsen. Biro perjalanan semakin tersaingi oleh internet, karena orang dapat memesan langsung tiket pesawat, tiket kapal laut, tiket kereta api, atau tiket bis pada perusahaan transportasi. Pembayaran cukup dibayar dengan kartu kredit, dan tiket bisa diambil di bandar udara. 4. Komputer menjadi sarana komunikasi efektif. Kehadiran bisnis internet telah merubah pola komunikasi. Kiriman surat semakin berkurang karena orang lebih banyak berkirim surat dengan e-mail. Orang sekarang bisa mengobrol dari dalam kamarnya dengan siapa saja tanpa batas ruang dan waktu. Program internet relay chatting (IRC) yang tersedia dalam komputer bisa diakses dengan internet, dan sipemakai bisa menghubungi siapa saja, apakah teman chatting berasal dari kota yang sama, atau di kota lain di seluruh dunia. Internet semakin mengurangi pengggunaan mesin faksimili, karena dokumen dapat dikirim dalam waktu yang sangat cepat dengan e-mail. Dokumen dapat dikirim pada banyak orang diseluruh dunia. Penghematan yang sungguh luar biasa, dari segi waktu, biaya dan tenaga. 5. Komputer sebagai pusat informasi. Tersedianya website yang bisa diakses melalui internet telah membuat komputer sebagai suatu pusat informasi. Komputer yang terhubungi oleh internet menjadi guru buat semua orang. Hampir semua jenis informasi bisa dicari dari internet. Kini pengguna komputer dapat menambah pengetahuannya dalam berbagai bidang disiplin ilmu dengan mudah. Di beberapa perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri, sudah banyak dosen yang menyimpan catatan kuliah, artikel jurnal, dan bahan bacaan lainnya di dalam homepage pribadi mereka. Mahasiswa dapat dengan leluasa membuka homepage tersebut dan membaca serta mencetak artikel untuk keperluan studi mereka. Masih banyak lagi hal-hal lain yang merupakan dampak internet dan teknologi komputer pada kehidupan manusia yang terlalu panjang untuk diuraikan dalam tulisan ini. Dampak Psikologi Teknologi Internet Sepengetahuan penulis belum ada kajian yang sistimatik mengenai dampak dari teknologi internet dan permainan elektronik terhadap berbagai dimensi psikologi kehidupan manusia. Apa yang ditulis berikut ini lebih banyak merupakan pertanyaan yang kiranya perlu dijawab melalui suatu penelitian yang sistimatik. 1.6.ORGANISASI INTERNET • ITU - International Telecommunication Union , International Telecommunication Union (ITU; dalam bahasa Perancis: Union internationale des télécommunications, dalam bahasa Spanyol: Unión Internacional de Telecomunicaciones) adalah sebuah organisasi internasional yang didirikan untuk membakukan dan meregulasi radio internasional dan telekomunikasi. ITU didirikan sebagaiInternational Telegraph Union di Paris pada tanggal 17 Mei 1865. Tujuan utamanya meliputi standardisasi, pengalokasian spektrum radio, dan mengorganisasikan perjanjian rangkaian interkoneksi antara negara-negara berbeda untuk memungkinkan panggilan telepon internasional. Fungsinya bagi telekomunikasi hampir sama dengan fungsi UPUbagi layanan pos. ITU merupakan salah satu agensi khusus PBB, yang bermarkas diJenewa, Switzerland, di samping gedung utama kampus PBB. • ICANN - The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers, ICANN, singkatan dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers, adalahorganisasi nirlaba yang didirikan pada 18 September 1998 dan resmi berbadan hukum pada 30 September 1998 [1]. Organisasi yang berkantor pusat di Marina Del Rey, California ini ditujukan untuk mengawasi beberapa tugas yang terkait dengan Internet yang sebelumnya dilakukan langsung atas nama pemerintah Amerika Serikat oleh beberapaorganisasi lain, terutama Internet Assigned Numbers Authority (IANA). • IANA - Internet Assigned Numbers Authority , IANA, singkatan dari Internet Assigned Numbers Authority adalah sebuah organisasi yang didanai oleh pemerintah Amerika Serikatyang mengurusi masalah penetapan parameter protokol internet, seperti ruang alamat IP, dan Domain Name System (DNS). IANA juga memiliki otoritas untuk menunjuk organisasi lainnya untuk memberikan blok alamat IP spesifik kepada pelanggan dan untuk meregistrasikan nama domain. IANA juga bertindak sebagai otoritas tertinggi untuk mengatur root DNS yang mengatur basis data pusat informasi DNS, selain tentunya menetapkan alamat IP untuk sistem-sistem otonom di dalam jaringan Internet. IANA beroperasi di bawah naungan Internet Society (ISOC). IANA juga dianggap sebagai bagian dari Internet Architecture Board (IAB). • ARIN - American Registry for Internet Numbers, ARIN adalah Regional Internet Registry (RIR) untuk Kanada, Karibia dan banyak pulau-pulau Atlantik Utara, dan Amerika Serikat. ARIN mengelola nomor Internet distribusi sumber daya, termasuk IPv4 dan IPv6 ruang dan nomor AS. ARIN membuka pintunya untuk bisnis pada tanggal 22 Desember 1997 [1] setelah memasukkan di 18 April 1997 [2]. ARIN adalah sebuah lembaga nirlaba di negara bagian Virginia, negara bagian AS. Hal ini bermarkas di wilayah tak berhubungan Fairfax County, Virginia, Washington Dulles International Airport dan dekat Chantilly. • RIPE NCC Réseaux IP Européens, RIPE NCC adalah Regional Internet Registry (RIR) untuk Eropa, Timur Tengah dan bagian-bagian dari Asia Tengah. Ini bermarkas di Amsterdam, Belanda • APNIC Asia Pacific Network Information Center, APNIC adalah Regional Internet Registry untuk kawasan Asia Pasifik. BAB III KESIMPULAN Kesimpulan dari makalah ini yang bisa kita ambil adalah penggunaan internet sangat berguna bagi seluruh aspek kehidupan. Internet sangat penting bagi kehidupan karena di internet banyak ilmu yang belum kita ketahui. Oleh karena itu, kita harus mengerti basic-basic dalam menggunakan internet karena apapun yang kita butuhkan terdapat didunia maya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar