Pages

Miftakhul Furqon. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

HIPOTESIS PENELITIAN

1. PENGERTIAN HIPOTESIS.

- Hipotesis adalah jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian, dimana rumusan masalah tersebut dinyatakan dalam bentuk sebuah pertanyaan yang akan ditanyakan. Dikarenakan semua jawaban yang diberikan baru didasarkan pada teori. Disisi lain hipotesis juga dirumuskan atas dasar kerangka pikir yang merupakan jawaban sementara atas masalah yang dirumuskan.

- Pada penelitian ini juga penelitian yang merumuskan hipotesis adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif, pada penelitian kualitatif hipotesis tidak bisa dirumuskan melainkan dapat menemukan sebuah hipotesis, selanjutkan hipotesis akan diuji dengan pendekatan kuantitatif.

- Berikut ini beberapa penjelasan mengenai hipotesis yang baik :

1. Hipotesis harus menduga hubungan diantara beberapa variabel.
    hipotesis harus dapat menduga hubungan antara dua variabel atau lebih, disini harus dianalisis variabel-variabel yang dianggap turut mempengaruhi gejala-gejala tertentu .

2. Hipotesis harus dapat diuji
    Hipotesis harus dapat diuji untuk dapat menerima atau menolaknya, hal ini dapat dilakukan dengan mengumpulkan data-data empiris.

3. Hipotesis harus konsisten dengan keberadaan ilmu pengetahuan.
    Hipotesis tidak bertentangan dengan pengetahuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

4. Hipotesis dinyatakan secara sederhana.
    Suatu hipotesis akan dipresentasikan kedalam rumusan yang berbentuk deklaratif.

2. MENGUJI HIPOTESIS.
    Suatu hipotesis harus dapat diuji berdasarkan data empiris, yakni berdasarkan apa yang dapat diamati dan dapat diukur. Untuk itu sebuah penelitian tentang hipotesis harus mencari situasi empiris yang memberi data yang diperlukan dalam suatu penelitian. Setelah mengumpulkan data, selanjutnya kita harus menyimpulkan suatu hipotesis, apakah harus menerima atau menolak hipotesis tersebut.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar