Pages

Miftakhul Furqon. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

PERAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI ROHIS

PERAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI ROHIS

A. PENGERTIAN KOMUNIKASI

     Pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami atau juga bisa didefinisikan sebagai suatu proses di mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain.

B. PENGERTIAN ORGANISASI

     Setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang atau beberapa orang yang disebut atasan dan seorang atau sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.

C. PERAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI ROHIS

     Peran komunikasi dalam rohis sangat penting untuk dilakukan . karena dengan komunikasi kita bisa memperbanyak teman dan ataupun juga menjadi sahabat dekat. Dengan komunikasi semua hal yang dilakukan dalam organisasi sangat mudah dan juga bisa saling tukar fikiran satu dengan yang lainnya. Dengan komunikasi hal yang berat pun terasa menjadi lebih mudah jika dilakukan dengan komunikasi antar teman yang satu dengan yang lainnya. Jika tidak ada sebuah komunikasi semua urusan ataupun hal yang terkait didalam sebuah organisasi menjadi berat ataupun juga sangat susah untuk melakukan urusan dalam organisasi rohis tsb. Dalam rohis sangat penting untuk berkomunikasi dan saling tukar menukar sebuah ide atau gagasan dalam sebuah organisasi. Dengan komunikasi juga sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain. Akan tetapi, komunikasi hanya akan efektif apabila pesan yang disampaikan dapat ditafsirkan sama oleh penerima pesan tersebut. Dengan komunikasi kita juga bisa dapat memupuk rasa persaudaraan dan juga rasa saling tolong menolong antara umat beragama. Jika tidak ada sebuah komunikasi pastilah keadaan dalam organisasi sangat monoton dan bisa menimbulkan rasa iri dan juga tidak bisa mendapat teman dan juga tidak mengenal satu sama dengan yang lainnya. Dalam menemukan gagasan ataupun ide cemerlang dalam rohis pun harus ada sebuah komunikasi jika tidak ada komunikasi didalam sebuah organisasi rohis pastilah tidak ada sebuah organisasi yang damai, indah, dan juga bisa memupuk rasa persaudaraan antara umat beragama. Jika teman kita ada masalah tidak mungkin dia disimpan sendiri pasti akan merasa stres ataupun merasa sendirian dan akan bingung apa yang harus diperbuat dengan masalah itu. Susah memang jika kita dan teman kita berbeda fikiran. Dari situlah sebuah komunikasi sangat penting untuk menyatukan perbedaan antara fikiran kita dan juga teman kita dalam sebuah organisasi rohis. Ataupun juga bisa saya ambil contoh dalam pengetahuan tentang agama dan sebagainya . pastilah komunikasi penting untuk dijalankan dengan sendirinya. Jika kita tidak mengerti apa yang kita tidak mengerti. Dengan komunikasi apapun masalah yang kita hadapi pastilah sangat dibutuhkan dalam semua organisasi tidak hanya dalam rohis ataupun yang lainnya juga. Jangan sampai komunikasi tidak berjalan dalam sebuah organisasi maka dalam organisasi tersebut akan monoton dan tidak akan berjalan dengan semestinya. Apapun yang dilakukan dalam organisasi maupun rohis ataupun sebagainya harus ada sebuah komunikasi agar semua berjalan dengan mudah dan juga bisa mempererat tali silaturahmi dan juga memupuk rasa persaudaraan. Dalam komunikasi kita pun juga bisa dapat mendapat teman yang bukan hanya 1 tapi dalam lingkungan sosial pasti dibutuhkan komunikasi karena mencakup lingkungan yang luas jika tidak ada komunikasi semua akan berantakan dan akan mempunyai perasaan rasa sendiri sendiri dan khusus ke individu dalam diri seseorang tersebut.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar