Pages

Miftakhul Furqon. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

PENALARAN

Yang disebut penalaran adalah suatu pola berfikir manusia yang akan menghubungkan bukti-bukti atau juga fakta-fakta atau juga bisa dideskripsikan sebagai petunjuk untuk menuju suatu kesimpulan. Kita juga bisa mencari arti lain dari penalaran yaitu proses berfikir secara sistematik dalam logis untuk memperoleh suatu kesimpulan yang akan kita dapatkan. Dalam pengambilan kesimpulan kita bisa berupa pengalaman yang kita alami maupun fakta yang berada disekitar kita. Penalaran itu sendiri dapat dihasilkan oleh kegiatan berpikir kita tentu saja bukan hanya dari perasaan saja. Dalam berpikir kita akan mengetahui suatu pengetahuan yang belum kita ketahui menjadi suatu pengetahuan yang benar.

Pengetahuan tersebut bisa dikembangkan manusia disebabkan 2 hal utama yaitu:

- Manusia mempunyai bahasa
Karena kemampuan manusia dalam berbahasa dengan orang lain maka orang dapat mengkomunikasikan informasi dan jalan pikiran yang melatarbelakangi informasi tersebut.
Bisa kita ambil contoh pada hewan seperti semut. Semut tersebut akan melakukan atau memberikan informasi yang penting kepada teman-temannya bahwa ada seekor kelabang yang akan menyerang dirinya.

- Manusia mempunyai kemampuan berpikir
Dengan adanya kelebihan manusia bisa berpikir maka manusia mampu mengembangkan atau menyampaikan suatu informasi dalam pengetahuannya dengan cepat dan mantap adalah karena manusia mempunyai alur dalam berpikir yang tentunya tidak dimiliki makhluk hidup lainnya.  




Sumber :

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar