Pages

Miftakhul Furqon. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

BAHASA

I. PENGERTIAN BAHASA

                Kita pasti sebagai bangsa yang berbahasa tau apa itu arti sebuah bahasa, Bahasa itu bias diartikan sebagai alat komunikasi antar semua orang. Untuk karena itu Bahasa adalah alat untuk berinteraksi atau alat untuk berkomunikasi atau juga bias diartikan sebagai menyampaikan sebuah pikiran yang ada didalam pikiran kita, gagasan, atau konsep atau juga bisa perasaan. Bahasa tidak hanya berapa diindonesia. Bahasa itu beragam. Disetiap Negara atau pulau sekalipun pasti memiliki sebuah Bahasa di masing-masing daerahnya atau di kota kota diluar negeri. Banyak macam Bahasa dibelahan dunia yang kita banyak ketahui. Bahasa itu diberbagai belahan bumi banyak yang menggunakan Bahasa yang terdapat didaerah tersebut.


II. BAHASA INDONESIA


            Bahasa indonesia adalah bahasa yang digunakan oleh negara kita sendiri yaitu negara republik indonesia. Bahasa Indonesia sendiri adalah salah satu bahasa dari banyak ragam bahasa melayu. Bahasa Indonesia juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang biasa kita gunakan untuk berkomunikasi dengan teman,kerabat, maupun keluarga kita sendiri. Dengan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa yang untuk memudahkan kita dalam menambah informasi maupun lainnya. Banyak ragam bahasa yang ada diindonesia. Bahasa Indonesia sendiri pun digunakan di universitas, di media massa, surat menyurat juga dan masih banyak lagi yang kita ketahui. Kita sebagai orang Indonesia juga harus menggunakan bahasa yang baik dan benar dengan semua orang. Dahulu kala Indonesia menggunakan bahasa melayu kemudian diganti dengan bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia digunakan pada saat sumpah pemuda. Kita sebagai orang Indonesia harus bangga dengan bahasa yang ada sejak dahulu. Untuk memudahkan berkomunikasi antar semua orang. Di bahasa Indonesia kita juga harus mengenal EYD(Ejaan Yang Disempurnakan) agar kita mudah mengerti apa yang dikatakan oleh orang. Sebut saja penduduk asli sumatera sebelumnya menggunakan bahasa melayu tersebut adalah nenek moyang suku nias dan suku mentawai. Dalam perkembangannya bahasa melayu kemudian mengalami perluasan makna, sehingga muncul istilah kepulauan melayu untuk menamakan kepulauan Nusantara. Didalam bahasa indonesia kita juga harus mengenal yang namanya dengan puisi maupun pantun dan lain-lainnya yang banyak berada di indonesia kita sendiri. Banyak yang kita harus pelajari tentang bahasa. Terutama bahasa bangsa kita sendiri yaitu bahasa indonesia. Disisi lain kita harus belajar memahami makna dan isi yang berada didalam bahasa tsb yang diketahui secara turun menurun dari jaman dahulu kala. 
              
               Contoh puisi yang berbahasa indonesia.

                                    Keindahan Alam
                                  Puisi Cahyaning P.

     Bak gelombang jiwa diudara.
     Laksana sinar di pagi hari
     Bagaikan rembulan mengarungi samudera
     Seperti peri kehilangan cahaya matahari

                     Meskipun langit menyinari bumi
                     Mirip bola disenja kelap
                     
     Umpama terbang setinggi awan
     Bagaikan bintang menghiasi malam
     Sinar matahari bagaikan surya

                itu merupakan contoh puisi. Masih banyak sebenarnya yang kita harus ketahui apa yang ada didalam bahasa indonesia tersebut. banyak puisi, pantun, cerita pendek, cerita rakyat, dan lain lain. Kita harus bangga menjadi bangsa indonesia karena banyak beragam suku dan budaya didalam negeri kita. Terutama bahasa yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu bahasa indonesia. Mari gunakan bahasa yang baik dan benar agar mudah dipahami dan dimengerti dengan apa yang kita pelajari selama ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar