Pages

Miftakhul Furqon. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

perbedaan android KW dengan Asli (tulisan 3)



*    CARA MEMILIH PERANGKAT ANDROID ANTARA ORIGINAL DAN KW.
Saat ini banyak beredar replika dari smartphone samsung. Biasanya smartphone tiruan itu diproduksi dari negara china. smartphone ini dikenal dengan nama supercopy atau replika. Bagi anda khususnya yang ingin membeli smartphone samsung kenali ciri ciri nya agar anda tidak tertipu.
·        TAMPILAN FISIK
Meskipun dikatakan mirip, dari segi fisik ada beberapa hal yang memungkinkan kita membedakan Samsung Galaxy S4 asli dengan supercopy. Mari kita mulai dengan dus atau box dari supercopy.

Samsung Galaxy S4 asli memiliki wrapping plastik dengan logo Samsung di sekelilingnya, sedangkan pada supercopy tidak ada.

Pembeda lain adalah jarak tombol home dengan layar. Supercopy biasanya memiliki jarak tombol ke layar yang lebih jauh dibandingkan Samsung Galaxy S4 yang asli.

Selain itu cobalah balikkan smartphone tersebut. Usap bagian yang bertuliskan “Samsung” di cover belakang. Bila hampir tak terasa, alias menyatu dengan materi cover, berarti itu adalah Samsung Galaxy S4 asli, sedangkan apabila kamu merasa tulisan “Samsung” tersebut sedikit kasar, ini merupakan salah satu ciri Supercopy.

Yang menakutkan, berdasarkan informasi , sudah ada versi supercopy terbaru yang secara fisik benar-benar mirip sekali, merevisi semua ciri yang disebutkan di atas. Maka satu-satunya cara untuk membedakan, anda harus menggunakan software untuk menguji keaslian perangkat tersebut.
·       
 TAMPILAN SOFTWARE
Uji apakah benar smartphone tersebut dari vendor Samsung. Mengetikkan kode *#0*# di call menu akan mengeluarkan menu sebagaimana tampak di gambar berikut.


Bukti lain keaslian yang susah disangkal tentu saja adalah Samsung Kies. Jika perangkat kamu terbaca di Samsung Kies sebagai Samsung Galaxy S4, tentu saja itu perangkat asli. Supercopy tidak dapat melakukan hal tersebut.
Cara lainnya adalah menginstall CPU-Z app ke perangkat tersebut. Supercopy akan menunjukkan nilai sesungguhnya. Antara lain resolusi layar di bawah 1080 x 1920 dan kerapatan piksel di bawah 480 ppi. RAM, Internal Storage juga tidak sebesar Samsung Galaxy S4 asli, namun meMang cukup besar.
»»  READMORE...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

PASAR

- PENGERTIAN PASAR         

      Dalam ilmu ekonomi, pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli, tidak selalu memerlukan lokasi fisik,dan bisa merujuk kepada suatu negara tempat suatu barang dijual dan dipasarkan.

Berdasarkan Wujudnya :
- Pasar Konkret (nyata) adalah pasar yang tempat terjadinya secara langsung (tatap muka) antar pembeli dan penjual.
- Pasar Abstrak (tidak nyata) adalah pasar yang menunjukkan hubungan antara penjual dan penjual secara langsung maupun tidak langsung

Berdasarkan Hubungan Dengan Proses Produksi :
- Pasar output (pasar produk) adalah pasar yang menjual-belikan barang hasil produksi.
- Pasar input (pasar faktor produksi) adalah interaksi antara permintaan dan penawaran terhadap barang dan jasa sebagai masukan pada proses produksi.

MACAM MACAM PASAR


Pasar dapat dikelompokkan menjadi 4 jenis:
     a.    Pasar Barang
     Pasar barang adalah pasar yang menjual produk dalam bentuk barang. Dibagi menjadi dua:
·            Pasar Barang nyata atau riil ( pasar yang menjual produk dalam bentuk barang yang bentuk dan fisiknya      jelas).
·      Pasar Barang Abstrak ( pasar yang menjual produk yang tidak terlihat atau tidak riil secara fisik).

     b.    Pasar Jasa / Tenaga
Pasar jasa adalah pasar yang menjual produknya dalam bentuk penawaran jasa atas suatu kemampuan. Contoh : pasar jasa seperti pasar tenaga kerja, RumahSakit yang menjual jasa kesehatan.

    c.    Pasar Uang dan Modal
·                - Pasar Uang
Pasar Uang adalahpasar yang memperjual belikan mata uang Negara – Negara  yang berlaku di dunia. Disebut juga sebagai pasar valuta asing / valas / Foreign Exchange / Forex. Contohnya adalah transaksi forex di BEJ, BES, agen forex, di internet, dll.

          - Pasar Modal
Pasar Modal adalah pasar yang memperdagangkan surat –surat berharga sebagai bukti kepemilikan suatu perusahaan bisnis atau kepemilikan modal untuk diinvestasikan sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat. Contohnya seperti saham, reksadana, obligasi perusahaan swasta dan pemerintah, dan lain sebagainya

     D.   Pasar Luar Negeri
Pasar luar negeri menggambarkan hubungan antara permintaan dalam negeri akan produk impor dan penawaran keluar negeri berupa produk ekspor.
 

3.    Jenis Pasar menurut karakteristik demand yang dihadapi perusahaan.
     a.    Pasar Persaingan Sempurna
Karakteristik Pasar :
Barang yang diproduksi homogen.
·      Produsen dan Konsumen memiliki informasi yang sempurna.
·      Produk yang dihasilkan seorang produsen relative kecil dibanding dengan barang di pasar (industri).
·      Produsen tidak dapat mempengaruhi harga.
·      Produsen dan konsumen bebas keluar masuk pasarTidak ada campur tangan pemerintah 

Kelebihan :
·      Harga jual produk yang termurah
·      Rasio output per penduduk maksimal
·      Masyarakat merasa nyaman (tidak perlu memilih barang)

Kelemahan :
·      Asumsi mustahil terwujud
·      Lama dalam pengembangan teknologi karena lama normal
·      Konflik efisiensi – keadilan

   b.    Pasar Monopoli
Pasar monopoli terjadi jika hanya ada 1 penjual di pasar tanpa ada pesaing langsung, tidak langsung, baik nyata maupun potensial.
Faktor penyebab terbentuknya monopoli :
·      Adanya hambatan teknis (special knowledge, tingginya tingkat efisiensi, control sumber faktor produksi)
·      Hambatan legalitas (Undang-undang dan hak khusus, hak patent, dan hak cipta)

Aspek Negatif dari monopoli :
·      Berkurangnya kesejahteraan konsumen
·      Memburuknya kondisi makro ekonomi nasional
·      Memburuknya kondisi perekonomian internasional
·      Aspek Positif dari monopoli
·      Efisiensi dan pertumbuhan ekonomi karena laba maksimal
·      Efisiensi pengadaan barang publik karena skala usaha yang besar
·      Peningkatan kesejahteran masyarakat dalam diskriminasi harga
  
Diskriminasi Harga
Kebijakan diskriminasi harga adalah menjual produk yang sama dengan harga yang berbeda pada pasar yang berbeda dengan tujuan menambah laba melalui eksploitsi surplus konsumen.

Syarat Diskriminasi Harga :
·      Perusahaan memiliki daya monopoli
·      Pasar dapat dibagi menjadi dua atau lebih
·      Pembagian pasar harus efektif
·      MR di tiap pasar adalah sama agar menghasilkan laba maksimum

     c.    Pasar Persaingan Monopolistik
Karakteristik :
·      Terdapat banyak penjual atau produsen
·      Adanya diferensiasi produk.
·      Produsen dapat mempengaruhi harga
·      Produsen dapat keluar masuk pasar
·      Promosi penjualan harus aktif

Kebaikan pasar monopolistik:
·  Banyaknya produsen memberikan keuntungan bagi konsumen untuk dapat memilih produk yang terbaik.
·    Kebebasan keluar masuk bagi produsen, mendorong produsen untuk selalu melakukan inovasi.
·  Diferensiasi produk mendorong konsumen selektif dalam menentukan produk yang akan dibelinya, dan dapat membuat konsumen loyal terhadap produk yang dipilihnya.Pasar relatif mudah dijumpai oleh konsumen

Kelemahan Pasar monopolistik :
·  Pasar monopolistik memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Sehingga produsen yang tidak memiliki modal dan pengalaman yang cukup akan cepat keluar dari pasar.
·   Dibutuhkan modal yang cukup besar untuk masuk ke dalam pasar monopolistik, karena  pemain pasar di dalamnya memiliki skala ekonomis yang cukup tinggi.
·  Pasar ini mendorong produsen untuk selalu berinovasi, sehingga akan meningkatkan biaya produksi yang akan berimbas pada harga produk.

   d.   Pasar Oligopoli
Pasar Oligopoli adalah suatu bentuk pasar yang terdapat beberapa penjual dimana salah satu atau beberapa penjual bertindak sebagai pemilik pasar terbesar (price leader). Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak – tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka. Di Indonesia pasar oligopoli dapat dengan mudah kita jumpai, misalnya pada pasar semen, pasar layanan operator selular, pasar otomotif serta pasar yang bergerak dalam industri berat.

Ciri – ciri Pasar Oligopoli :
·      Terdapat beberapa penjual
·      Barang yang dijual homogen atau beda corak
·      Sulit dimasuki perusahaan baru
·      Membutuhkan peran iklan
·      Terdapat satu market leader (pemimpin pasar)
·      Harga jual tidak mudah berubah

Macam – macam Pasar Oligopoli :
·    Oligopoli murni : menjual barang yang homogen. Biasanya banyak dijumpai dalam industri yang menghasilkan bahan mentah. Contoh : pasar semen, produsen bensin
·  Oligopoli diferensial : menjual barang berbeda corak. Barang seperti itu umumnya adalah barang akhir. Contoh : pasar mobil, pasar sepeda motor

Kebaikan Pasar Oligopoli :
·      Memberi kebebasan memilih bagi pembeli.
·      Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk.
·      Lebih memperhatikan kepuasan konsumen karena adanya persaingan penjual.
·      Adanya penerapan teknologi baru.

Keburukan Pasar Oligopoli :
·      Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
·      Harga yang stabil dan terlalu tinggi bisa mendorong timbulnya inflasi
·  Bisa timbul pemborosan biaya produksi apabila ada kerjasama antar oligopolis karena semangat bersaing kurang
·      Bisa timbul eksploitasi terhadap pembeli dan pemilik faktor produksi
·      Sulit ditembus/dimasuki perusahaan baru dan bisa berkembang ke arah monopoli

Bentuk pasar oligopoli dikarakterisasikan berdasarkan :  
·      Sejumlah besar perusahaan-perusahaan dominan, dengan beberapa yang kecil lainnya.
·      Suatu produk yang distandarisasikan maupun dibedakan,
·       kekuatan dari perusahaan-perusahaan dominan terhadap harga, namun ketakutan akan   pembalasan,
·       hambatan-hambatan secara teknologi dan ekonomi untuk menjadi suatu perusahaan yang dominan,
·      penggunaan persaingan non harga yang ekstensif akibat ketakutan akan perang harga.


»»  READMORE...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS