Pages

Miftakhul Furqon. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

MATEMATIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak akan pernah lepas dari matematika, karena aktivitas kita pasti selalu meggunakan matematika. Bisa mulai dari kalian bangun tidur hingga menjelang kalian tidur. Jadi karena itu matematika penting bagi kita dan kita pun harus menguasai matematika untuk meraih kesuksesan dan dituntut untuk menyelesaikan masalah dengan benar, sekaligus kita diberi kebebasan untuk menjawab dengan berbagai cara asalkan jawaban benar dan dengan cara yang benar seperti kata pepatah “banyak jalan menuju roma” . dalam matematika juga bisa belajar tentang arti kejujuran. dan tidak bisa dipungkiri matematika adalah salah satu ilmu pengetahuan yang banyak memiliki manfaat dalam kehidupan manusia. Tapi tidak sedikit dari mereka bahwa matematika adalah pelajaran yang menakutkan karena banyak yang belum dikuasai maupun yang lainnya . padahal bila kita mengenal matematika dengan baik, maka kita juga akan bisa bersahabat dengan matematika. Salah satu cara kita menyukai matematika adalah dengan mengetahui cara cepat belajar matematika.
Banyak sekali yang bisa kita pelajari dalam matematik dalam kehidupan sehari-hari,  bahkan ada pepatah yang mengatakan “siapa yang menguasai matematika dan bahasa maka ia akan menguasai dunia”. Pelajaran ilmu sosial maupun ilmu alam kita akan dipertemukan dengan yang namanya matematika karena matematika sangatlah penting bagi kita salah satunya dalam penerapan aljabar dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya, manfaat belajar aljabar untuk kehidupan sehari-hari akan dikupas sebagai berikut:
1.     Penerapan belajar dalam siswa
Aljabar sangat bermanfaat bagi siswa karena agar nilai ulangan matematika tidak jatuh saat diberi soal aljabar. Dalam uang saku mahasiswa pun kita menggunakan matematika untuk manajemen keuangan.

2.     Penerapan aljabar bagi Ibu rumah tangga
Manfaat matematika dalam ibu rumah tangga adalah untuk manajemen uang gaji, uang saku anak, uang sekolah anak, dll.
3.     Penerapan aljabar bagi pedagang
Aljabar dalam berdagang bisa menghitung besar kecil keuntungan atau kerugian yang dapat menentukan besar kecil modal yang dibutuhkan.
Tidak segitu saja matematika berguna dalam kehidupan sehari-hari misalkan dalam acara TV-edukasi merupakan suatu acara yang membahas soal-soal matematika (terutama soal cerita) dalam acara ini kita bisa peroleh ilmu matematika. Matematika memang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari namun karena matematika memiliki sifat yang abstrak sehingga sulit untuk dapat menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari jika kita sampai pendidikan sarjana. Matematika juga digunakan dalam bidang ahli lainnya seperti kedokteran, insinyur elektronik, programmer, insinyur sipil, dan masih banyak lagi yang bisa dapat kita jumpai dalam matematika. Dalam bidang terkecil hingga sampai bidang terbesar tidak lepas dari matematika karena semua bidang harus menguasai matematika terutama dalam aljabar. Berikut ini matematika dalam bidang-bidang tertinggi seperti:
a)     Matematika(kalkulus) dalam bidang kedokteran
Semakin banyaknya orang yang mendambakan kepraktisan mengakibatkan trend penyakit bergeser ke arah tumor dan kanker. Penyebab utama kanker adalah zat karsinogenik yang biasanya terbentuk oleh makanan yang bersentuhan secara langsung oleh api, banyak dijumpai pada makanan yang dibakar seperti ayam bakar, jagung bakar, dan masih banyak lagi. Makanan tersebut memanglah lezat tapi kita juga harus ingat meskipun lezat itu kita harus tetap menjaga diri dari penyakit kanker.  Dengan berkembangnya jaman yang tadinya menggunakan kemoterapi tapi sekarang menggunakan high energy inonizing radiation yang rlatif cepat, aman salah satunya sinar-X


b)    Matematika (trigonometri) pada teknik sipil
Seorang teknik sipil lebih diandalkan dibandingkan dengan insinyur sipil karena mudah dipercaya dalam menghadapai suatu bidang yang berat, namun tantangan seorang insinyur haruslah bekerja sama dalam menciptakan kota yang seperti ini. Dengan perhitungan sudut-sudut yang akurat dengan sistem kurva yang benar-benar yang tidak dijumpai kesalahan. Seorang insinyur sipil hanya bisa melakukan pembangunan di medan yang tidak biasa.
c)     Matematika (peluang) pada ilmu ekonomi
Matematika pada ekonomi adalah ilmu peluang. Dengan ilmu kita belajar menghitung peluang di berbagai kasus asuransi, ilmu yang membahas tentang ini disebut aktuaria, dan ahlinya disebut aktuaris. Aktuaris adalah sebuah pekerjaan dengan skill elite, dikarenakan konsep aktuaris yang cukup memerlukan pengetahuan dibidang matematika dan statistik secara mendalam. Dalam hal ini membutuhkan lembaga khusus untuk mendidik calon aktuaris dan mengujinya dalam ujian profesi aktuaris dikenal dengan nama Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI). Ilmu aktuaris merupakan ilmu gabungan antara ilmu peluang, matematika statistika, keuangan, dan pemrograman komputer.tapi diprediksikan akan naik pesat pada tahun 2014.
d)    Matematika (program linear) pada ilmu manajemen
Mungkin kita sering mendengar kata “manajer operasional suatu perusahaan”. Manajer operasi bertugas melakukan manajemen terhadap kegiatan-kegiatan operasional. Manajemen operasi adalah suatu cabang dari matematika terapan yang cenderung interdisipliner. Ilmu riset operasi menggabungkan antara teori matematika dan manajemen.
e)    Matematika (kombinatorika) pada ilmu pemrograman
Maraknya game online selama sepuluh tahun terakhir ini menjadi alternatif pemasukan yang luar biasa bagi anak muda yang menggeluti bidang ini dengan baik. Dalam matematika teori permainan mengalami perkembangan yang pesat pasca John Nash meraih nobel pada tahun 1994, beliau menciptakan model matematika sistem otaomasi yang akhirnya berkembang sampai saat ini.
Karya beliau lah yang memberikan inspirasi baru bagi dunia game yang akhirnya lahirlah Winning Eleven oleh Perusahaan Elektronik Raksasa Jepang, SONY. Karya beliau lah yang masih diterapkan kedalam banyak sisi otoasi komputerisasi jaman sekarang, termasuk transformasi geometri digital yang dihadirkan oleh Steve Jobs pada produk-produknya
Pada jaman sekarang, matematika digunakan seluruh dunia sebagai alat penting di berbagai bidang, termasuk ilmu alam, teknik, kedokteran/medis, dan ilmu sosial seperti ekonomi dan psikologi. Dan kegunaan matematika sangatlah penting terutama bagi yang mengembangkan ilmunya dalam bidang ekonomi dan bisnis. Dalam perkembangan ekonomi dan bisnis pemecahan masalahnya dapat dilakukan dengan metode kuantitatif, salah satu alat yang digunakan dalam mengembangkan adalah matematika. Misalnya Integral, dalam ilmu ekonomi sering dijumpai persoalan yang mencari fungsi .

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

terimaksihh.. izin share :D

Posting Komentar